;

Selasa, 22 April 2008

Menulis Aksara Jawa di Komputer

Budi pekerti seseorang atau suatu bangsa (jawa) akan terlihat melalui bahasa yang dituturkannya. Tapi, kenapa kemudian bahasa jawa menjadi kurang populer di kalangan masyarakat jawa itu sendiri, bukanlah suatu alasan untuk melupakan apalagi membuang budayanya sendiri. Kita seharusnya malu pada diri sendiri (khususnya sebagai masyarakat jawa asli), karena kita malah kalah dengan orang asing yang dengan giat dan secara sukarela dalam mempelajari budaya jawa. Mungkin di suatu saat nanti, malah kita yang belajar kebudayaan jawa (menari, menulis huruf jawa, memainkan gamelan, dsb) dengan orang asing itu. Coba bayangkan betapa malunya kita….
Hal ini mungkin bukanlah seratus persen kesalahan masyarakat jawa. Terbatasnya sarana pembelajaran dan pendidikan bahasa jawa, terutama aksara jawa ikut berperan terhadap berkurangnya minat generasi muda untuk memakai dan melestarikan budaya jawa. Namun, sejak kurikulum 2004 diterapkan dan pemerintah membuka kembali jurusan Bahasa Jawa dan mewajibkan siswa untuk mempelajari bahasa jawa dari tingkat SD sampai SMA. Yang berdamapak pada banyaknya lowongan untuk guru Bahasa Jawa. Sehingga dapat menarik dan meningkatkan kembali minat masyarakat, terutama remaja yang dalam hal ini adalah tulang punggung penerus bangsa kita, untuk memakai dan melestarikan budaya jawa dengan mereka kuliah di jurusan Bahasa Jawa.
Selain pemerintah, para pakar teknologi pun juga ikut andil dalam mengembangkan budaya jawa dengan membuat software berbentuk font aksara jawa, yang dapat diaplikasikan melalui komputer. Sehingga kita dapat dengan mudah menulis aksara jawa di komputer dan membuat print out-nya. Bagi kalian (terutama mahasiswa Bahasa Jawa), yang ingin komputernya dapat menulis aksara jawa, software font-nya dapat didownload di sini atau di sini . Di sana terdapat software sekaligus tutorialnya untuk mempermudah dalam mempergunakannya, dapat didownload di sini

Tidak ada komentar: